701 Peziarah Dari NTT Ikut Misa Bersama Di Kota Dili

oleh
Para Peziarah Dari Indonesia saat Berada di PLBN Mota'ain

Atambua, obornusantara.id-Sekitar 701 peziarah yang berasal dari Keuskupan Kupang dan keuskupan Atambua Nusa Tenggara Timur (NTT) akan bergabung dengan seluruh umat Katolik di Kota Dili untuk mengikuti misa Bersama yang dipimpin langsung oleh Bapa Suci Paus Fransiskus pada selasa, 10 September 2024 di Tasi Tolu, Kota Dili, Timor Leste,

Para peziarah yang berasal dari sejumlah daerah di NTT ini kini sudah berada di Kota Atambua, Belu untuk selanjutnya diberangkatkan Bersama melalui Pintu Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain.

“sesuai jadwal yang ada, 701 orang peziarah akan dilepas keberangkatan mereka oleh Bupati Belu dari Kota Atambua menuju Kota Dili, Timor Leste melalui Pintu PLBN Mota’ain”;ungkap Administrator Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Maria Fatima Rika yang dikonfirmasi di Kantor PLBN Mota’ain pada Minggu, 08 September 2024.

Menurutnya, sebelum melintas masuk ke Kota Dili, seluruh peziarah akan menjalani pemeriksaan dokumentasi oleh petugas PLBN baik terhadap dokumen pribadi maupun dokumen lain yang dibutuhkan saat mengikuti misa kudus nanti.

“di Pos PLBN seluruh peziarah akan menjalani pemeriksaan dokumen yang meliputi, paspor, kartu peserta yang dikeluarkan oleh masing-masing Keuskupan dan dokumen kendaraan yang ditumpangi peziarah”,katanya.

Sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemerintah Timor Leste dengan Indonesia khusus untuk para peziarah  yang akan mengikuti misa di Kota Dili diwajibkan untuk memiliki paspor dan terdaftar pada Keuskupan Kupang dan Keuskupan Atambua.

“sudah ada kesepakatan Bersama khusus mereka yang ke Kota Dili dalam rangka mengikuti misa kudus Bersama Bapa Suci Paus Fransiskus wajib memiliki paspor dan kartu pengenal dari masing-masing keukupan”,jelas Rika.

Untuk memudahkan proses pemeriksaan dokumen, seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Terpadu PLBN Mota’ain telah menyediakan fasilitas yang memudahkan pemeriksaan nanti.

“fasilitas sudah kita siapkan mulai dari petugas yang disiapkan di sepanjang jalur pemeriksaan serta pemeriksaan elektronik menggunakan alat scanner”;jelasnya.

Sebelumnya diprediksi kedatangan bapa Suci Paus Fransiskus ke Kota Dili dan memimpin langsung misa Bersama umat Katolik di Kota Dili akan diikuti langsung oleh ribuan umat dari Indonesia khususnya di wilayah NTT, namun hingga Minggu 08 September 2024 baru terdaftar 701 orang peziarah dari dua Keuskupan di Timor yakni Keuskupan Kupang dan Keuskupan Atambua.(tvrinews.com/wr/red)